Craft for Kids Prakarya mudah untuk anak

http://mutiaradevi.blogspot.com/
Libur sekolah pas lagi puasa lumayan bikin bingung mau ngajak anak-anak berkegiatan apa. Harus bikin kegiatan yang asyik dilakukan di rumah.Lagi bingung nyari ide, eeeee di kantor datang laptop baru ada 6 biji pula, huaaaa pucuk dicinta ulam tiba dong! Langsung buru-buru ngetekin tuh kardus sebelum keduluan sama yang laen. Karena ada 3 anak yang berbeda usia, biar ga pada berkegiatan sendiri, nyar...
Dedek (15bln) suka banget ngeriung kalau kakak dan abangnya lagi berkegiatan. Belajar, bikin PR, main sepeda, main uno, juga bikin prakarya. Awalnya sih excited banget bergabung,lama-lama huadooohh mulai deh iseng judulnya ngerecokin kakak n abang :)Yang paling heboh kalau lagi pada melukis pakai cat akrilik....huaaaaa pengen nangis rasanya kalau liat cat nempel belepotan dimana-mana hasil karya d...
Abang dapet tugas dari sekolah bikin wayang dari kardus. Pas sibuk ngerjain, adek sibuk juga gangguin dan narik-narik wayang buatan abang. Akhirnya kakak bikinin wayang deh dari kertas bekas kalender. Gambarnya ngeprint dari internet,diwarnai pakai crayon, lalu ditempel ke kertas bekas kalender menggunakan lem. Tangkainya pakai sumpit yang diselotip di belakang kertas kalender tadi. Jadilah wayang...
Hari guru 2014 lalu ada kegiatan kejutan buat bu guru di daycare adek Syafiq, temanya membuat hasil karya buat bu guru yang nantinya akan ditempel menjadi sebuah mading.Karena saat ini adek masih 8 bulan,tentu saja belom bisa bikin sendiri. Sempet bingung juga mau bikin apa ya,karena kan temannya bayi-bayi di bawah 1 tahun semua....heheheHasil browsing dan diskusi sama para mama yang lain,disepaka...
Saat anak-anak ingin kemah sehari dengan teman-temannya, saya langsung browsing di internet buat nyari kegiatan apa saja yang kira-kira pas buat aktivitas mereka selama berkemah. Akhirnya nemu di Kaboose, yaitu membuat prakarya api unggun mini, yang bahannya bisa didapat di lingkungan sekitar kemah. Kayaknya asik banget kaan? Nanti anak-anak mencari ranting, batu-batuan...lalu membuat api unggu...
Masih nerusin postingan soal kado bayi buat mantan bu gurunya kakak di TPA Artha Wildan, posting sebelumnya berjudul Mainan Bayi Buatan Sendiri dan Boneka Dadu dari Flanel. Selain kedua mainan itu, kami juga membuat buku bayi.... Bahan dasarnya masih memanfaatkan flanel yang ada di rumah. Lebih banyak menggunakan lem dan sedikit jahitan untuk hiasan saja. Si kakak lagi males ngejahit kayaknya deh...
Adek pengen ngasih kado liburan buat teman sekolahnya. Bingung doong, mau kasih apa... Akhirnya dapat ide kasih paket prakarya yang memang sudah ada di rumah deh.... Kemasannya dibuat oleh kakak, tas kertas biasa yang dihias pake kertas kado batik... Isinya : Mobil Balon Manik buat meronce gelang/kalung Paket Flanel (bros/gantungan kunci/jepit) Paket jumputan Gantungan kunci dan jepit  Siang...
  Horeeee akhirnya berhasil juga bikin tas yang dijahit pake tangan.... Maklum, proyek in sempet berhenti berbulan-bulan. Adek seneng banget sama tas buatanku inih... Tas ini berbahan dasar flanel yang dijahit ke atas busa lembar lapisan tas (bagian dalamnya seperti ada lapisan kain tipiiis halus). Di bagian atasnya diberi tambahan kain yang fungsinya sebagai penutup tas. Cara nutupnya...
Kakak pengen kasih hadiah buat adek bayinya bu guru di TPA Artha Wildan. Browsing di internet akhirnya nemu aneka boneka dadu dari flanel. Seneng banget deh pas nemu gambarnya...tentu saja yang dipilih yang mudah untuk dibuat, dan yang ada bahannya di rumah. Cuma kakak usul gimana caranya boneka ini berbunyi kalau digerakkan. Alhamdulillah....di dalamnya diisi 2 tutup galon air mineral yang diisi...
Bahan dan alat: ~ flanel aneka warna ~ lem tembak beserta isinya ~ manik-manik ~ pensil ~ gunting ~ pensil ~ pola bentuk hati 2 ukuran (dari karton) Cara membuat : 1. Buat pola terlebih dahulu di atas karton 2. Jiplak pola ke kain flanel dengan kombinasi warna sesuai selera 3.  Gunting sesuai pola 4. Tempelkan bentuk hati yang besar dan yang kecil, lalu rekatkan sekaligus manik sebagai pemanis 5.
Ini hasil karya bareng sama adek, eh salaahh...hasil karya si adek ditemani si mamah :) Gara-gara adek sakit, seharian di rumah jadi bikin hiasan ini deh. Bahan dan alat : CD bekas manik-manik berbagai bentuk dan warna lem tembak tali kor 3 buah magnet Cara membuat : Ambil CD bekas, lalu tempelkan tali kor untuk batas pola (polanya terserah masing2) Panaskan terlebih dahulu lem tembaknya. L...
Bahan dan alat : Balon Sedotan Juice Kardus bekas Tutup botol Tusuk sate Tangkai balon bekas Stik es krim Lakban, selotip Lem tembak atau lem uhu Kalau balonnya ditiup, terus dilepasin, bisa jalan deh mobilnya. Versi sederhananya, bisa pake karton bekas susu/jus kemasan/botol sampo/kaleng minuman, yang di bawahnya dikasih roda. Cara membuat Rodanya, tutup botol dilubangi bagian tengahnya, lalu...
Mencoba membuat gantungan kunci dan jepit tanpa jahitan, alias ngandelin lem doang. Begini deh hasilnya...
Buat hadiah temannya, adek minta dibuatin gambar di kaos pakai flanel...terus browsing deh gambar apel yang paling mudah, hasilnya seperti ini. Aplikasi gambar apel ini dipasang dengan menggunakan tusuk jelujur saja, jadi ya lumayan gampang bikinnya. Di ujung bawah, adek minta dikasih inisial nama temannya :)...
Nyoba bikin gantungan buat id card, pake pita, cantik dan girly banget yaaa...
Ngeliat jarum yang sering dipake sama temen-temen kok lucu-lucu bener. Kakak ikutan penasaran, sampe minjem jarum temennya mamah buat diamatin cara bikinnya. Terus di rumah kami praktek deh bikin bersama....ini dia hasilnya...lucu kan?
© 2015 - blog-indonesia.com