Craft for Kids Prakarya mudah untuk anak

http://mutiaradevi.blogspot.com/
Mainan bikinan sendiri dari kardus, menurut kita sih alakadarnya banget (ga bagus rupanya, ga rapi pula bentuknya). Eiiits tunggu dulu, senyum anak yang mendadak sumringah dan heboh kegirangan, bener2 bikin mainan ini terlihat baguuuuuuus banget. So jangan pernah berkecil hati dengan hasil karya kita sendiri, karena kekuatan cinta selalu bisa membuat hal yang biasa saja menjadi sangat istimewa. &#...
Punya banyak cd bekas? Jangan buru buru dibuang ya, karena bisa disulap jadi hiasan rumah *home decor kerennya* Caranya juga ga susah, cuman memang butuh perjuangan kalo ga punya gunting tajam hehehe.  Kebetulan gunting kami yang rada gedean dan tajam ketlingsut ntah dimana, terpaksa abang pake gunting seadanya deh, dan lumayan pegel tangannya. Hasil browsing, biar gampang di gunting cd direbus se...
Minggu lalu kakak Rahma bantuin adeknya bikin lapbook, sambil nunggu adek nulis2, kakak bikin hiasan buat ditempel di dinding kamar nya dari kardus bekas wadah pizza. Bahan :- 3 kardus bekas wadah pizza - kertas origami - lem fox- gunting Cara membuat :1. Gunting kertas origami, terserah mau bentuk apa. 2. Susun dan tempel secara acak menutup permukaan kardus menggunakan lem fox. 3. Setelah seluru...
Anak-anak biasanya suka banget disuruh nempelin kertas pakai lem. Kegiatan yang memadukan kegiatan menempel sekaligus stimulasi konsep dasar matematika, menempel dari yang tertinggi ke rendah.
Adek main stempel2an bikin bunga mawar. Kebetulan tema belajar adek kali ini adalah warna merah. Sedangkan menghitung masih sampai 5. Jangan dibayangkan belajar kayak anak sd di sekolah yaaaa... Ini mamahnya aja yang cerewet banyak ngomong apa aja, dedek nya mah asik berkegiatan sambil nyuekin mamah yang sok cerewet :) Kali ini cuma pake pewarna makanan dicampur air dan sedikit sunlight cairan cuc...
Percobaan perdana ngajakin kak Syafa bikin dompet dari kotak kemasan susu uht :)...
Libur sekolah pas lagi puasa lumayan bikin bingung mau ngajak anak-anak berkegiatan apa. Harus bikin kegiatan yang asyik dilakukan di rumah.Lagi bingung nyari ide, eeeee di kantor datang laptop baru ada 6 biji pula, huaaaa pucuk dicinta ulam tiba dong! Langsung buru-buru ngetekin tuh kardus sebelum keduluan sama yang laen. Karena ada 3 anak yang berbeda usia, biar ga pada berkegiatan sendiri, nyar...
Dedek (15bln) suka banget ngeriung kalau kakak dan abangnya lagi berkegiatan. Belajar, bikin PR, main sepeda, main uno, juga bikin prakarya. Awalnya sih excited banget bergabung,lama-lama huadooohh mulai deh iseng judulnya ngerecokin kakak n abang :)Yang paling heboh kalau lagi pada melukis pakai cat akrilik....huaaaaa pengen nangis rasanya kalau liat cat nempel belepotan dimana-mana hasil karya d...
Hari guru 2014 lalu ada kegiatan kejutan buat bu guru di daycare adek Syafiq, temanya membuat hasil karya buat bu guru yang nantinya akan ditempel menjadi sebuah mading.Karena saat ini adek masih 8 bulan,tentu saja belom bisa bikin sendiri. Sempet bingung juga mau bikin apa ya,karena kan temannya bayi-bayi di bawah 1 tahun semua....heheheHasil browsing dan diskusi sama para mama yang lain,disepaka...
Pas nemenin adek di TPA Artha Wildan, eeeeeehhh liat teman-teman adek lagi berebut mainan baru.Ternyata itu adalah mainan buatan ibu tien yang bahan bakunya dari barang-barang yang insya Allah sudah ada di rumah kita sendiri. (Terimakasih ya bu sudah beramal ngebuatin mainan buat adek dan teman-temannya...*peluk* )Seneng banget ngeliat barang bekas yang disulap jadi mainan seperti ini.Bahan :~ bot...
Saat anak-anak ingin kemah sehari dengan teman-temannya, saya langsung browsing di internet buat nyari kegiatan apa saja yang kira-kira pas buat aktivitas mereka selama berkemah. Akhirnya nemu di Kaboose, yaitu membuat prakarya api unggun mini, yang bahannya bisa didapat di lingkungan sekitar kemah. Kayaknya asik banget kaan? Nanti anak-anak mencari ranting, batu-batuan...lalu membuat api unggu...
Masih nerusin postingan soal kado bayi buat mantan bu gurunya kakak di TPA Artha Wildan, posting sebelumnya berjudul Mainan Bayi Buatan Sendiri dan Boneka Dadu dari Flanel. Selain kedua mainan itu, kami juga membuat buku bayi.... Bahan dasarnya masih memanfaatkan flanel yang ada di rumah. Lebih banyak menggunakan lem dan sedikit jahitan untuk hiasan saja. Si kakak lagi males ngejahit kayaknya deh...
  Horeeee akhirnya berhasil juga bikin tas yang dijahit pake tangan.... Maklum, proyek in sempet berhenti berbulan-bulan. Adek seneng banget sama tas buatanku inih... Tas ini berbahan dasar flanel yang dijahit ke atas busa lembar lapisan tas (bagian dalamnya seperti ada lapisan kain tipiiis halus). Di bagian atasnya diberi tambahan kain yang fungsinya sebagai penutup tas. Cara nutupnya...
Kalau mainan bayi yang ini dibuat dari kain polos yang diberi hiasan aplikasi dari flanel yang dibentuk ikanpaus. Bagian baliknya ada hiasan bentuk singa. Lalu dijahit mengunakan tusuk tikam jejak di bagian dalam sisinya. Bagian pinggirnya diberi hiasan pita aneka warna. Isinya dakron dan plastik bekas bungkus permen yang kalau diremas mengeluarkan bunyi kresek-kresek. Mudah kan cara membuatny...
Kakak pengen kasih hadiah buat adek bayinya bu guru di TPA Artha Wildan. Browsing di internet akhirnya nemu aneka boneka dadu dari flanel. Seneng banget deh pas nemu gambarnya...tentu saja yang dipilih yang mudah untuk dibuat, dan yang ada bahannya di rumah. Cuma kakak usul gimana caranya boneka ini berbunyi kalau digerakkan. Alhamdulillah....di dalamnya diisi 2 tutup galon air mineral yang diisi...
Bahan dan alat: ~ flanel aneka warna ~ lem tembak beserta isinya ~ manik-manik ~ pensil ~ gunting ~ pensil ~ pola bentuk hati 2 ukuran (dari karton) Cara membuat : 1. Buat pola terlebih dahulu di atas karton 2. Jiplak pola ke kain flanel dengan kombinasi warna sesuai selera 3.  Gunting sesuai pola 4. Tempelkan bentuk hati yang besar dan yang kecil, lalu rekatkan sekaligus manik sebagai pemanis 5.
© 2016 - blog-indonesia.com